PASAR

Pasar merupakan bukanlah kata yang lazim kita dengar atau asing lagi .Tetapi dalam arti yang sebenarnya kita tidak tahu akan apa sebenarnya pasar itu.
Disini saya akan menjelaskan tentang apa itu pasar. Pengertian pasar menurut penulis yaitu tempat pertemuan pembeli dan penjual. Dan pengertian merupakan kelompok  individual (perorangan maupun perorangan)yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
            Si penulis akan membahas pasar sebagai contoh ”INDOMARET” yang ada di jalan raya Margonda dekat dengan tempat tinggal saya.
Perilaku pasar adalah pola kebiasaan asar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik indivual atau organisasinal terhadap produk waktu tertentu, penilaian , keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan,maupun penolakan suatu produk.
Dimana saya akan membuat pemahaman terhadap profil dan perilakun pasar yang saya teliti di Indomaret yang terletak di Jalan Raya Margonda,  penulis akan mejelaskan tentang:

  1. Siapa, apa, berapa, kapan, dimana pembelian di lakukan?
  2. Mengapa suatu produk di beli(di tolak)?
  3. Bagaimana proses pembelian terjadi?

Profil dan perilaku pasar yang spenulis jelaskan ini tidaklah selamanya kostan (tetap), selalu akan mengalami perubahan perilaku pasar kemarin  atau penjualan kemarin berbeda dengan perilaku pasar sekarang. Dan akan berbeda dengan perilakunya dimasa yang akan datang. Oleh karena itu pertanyaan  / profil yang saya buat sekarang  tidak hanya perlu di pertanyakan untuk masa sekarang saja, tetapi perlu di berikan juga untuk menjelaskan profil dan perilaku pasar dimasa – masa akan mendatang.

Disini penulis akan menjelaskan apa yang sudah penulis teliti di sebuah pasar yaitu Indomaret, dimana pengunjung biasanya adalah  mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas  baik masyarakat dalam maupun masyarat luar . Biasanya produk yang paling laku di Indomaret adalah indomie, susu balita, minuman, rokok, danmakanan ringan .Ini dikarenakan harga yang terjangkau dan hemat.
Pembelian dilakukan mulai dari pagi hingga malam dan yang paling banyak peembelinya.Meski Indomaret buka  ssetiap saat. Hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar dimana di saat butuh Indomaret selalu ada.
Terkadang seseorang membeli atau menolak suatu produk di karenakan tidak sesuai dengan yang di inginkan ,tidak sesuai dengan pesanan,pengembalian barang karena salah informasi.
Dan dapat kita lihat bagaimana sikapa karyawan  kepada pengunjung.Di sini si peneliti melihat bahwa sikap antara karyawan dan pengunjung sangalah ramah – ramah sehingga terjadi transaksi yanga jual beli yang memuaskan antara ke dua belah pihak
Kepercayaan terhadap Indomaret dominan masyarakat disini percaya di sebabkan pembeli puas akan pelayanan Indomaret  teliti dengan dengan barang –barang yang di jual sehingga pengunjung percaya dan merasa puas dengan kenyamanan yang di dapat.
Letak yang strategis dimana Indomaret terletak di antara pertigaan  dan jalan raya besar umum sehingga pengunjung banyak dan bagi pemiliknya mendapat keuntungan yang lumayan besar. Dengan demikian masyarakat sekitar atau masyarakat luar mengambil keputusan untuk berbelanja di Indomaret karma berbagai hal yang sudah penulis teliti dan jelaskan
            Demikian hasil penelitian tentang pasar yang saya teliti yaitu Indomaret yang ada di sekitar rumah si penulis.
Semoga penulisan ini berguna bagi para pembaca dan dapat mendapatkan informasi tentang Indomaret. Penulis mengharapkan kritik dan saran para pembaca untuk membagun penulisan ini. Penulis mengucapkan terimakasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar